Gudeg Wijilan

19 March 2018 392x Kuliner Jogja

Beranda » Info Jogja » Kuliner Jogja » Gudeg Wijilan

Yogyakarta atau yang biasa disebut Jogja terkenal dengan sebutan Kota Gudeg. Oleh karena itu, jika Anda berkunjung ke Jogja belum afdol apabila tidak mencoba mencicipi kuliner gudeg. Gudeg adalah makanan dari nangka muda yang dimasak dalam kendi tanah liat selama berjam-jam.

Tahukah Anda, warna merah pada gudeg bukan dari pewarna buatan, namun dari pewarna alami daun jati yang merupakan alas saat nangka dan pelengkapnya dimasak di atas tungku kayu. Gudeg biasanya disantap bersama tahu, tempe, atau bacem, sambal goreng krecek dan kuah areh yang memberi rasa gurih dan sedap.

Jogja adalah kota yang tak pernah tidur. Salah satu nafas yang terus membuatnya terjaga adalah gudeg. Penjualnya silih berganti menggelar dagangan dari dini hari hingga tengah malam. Gudeg dapat ditemukan di hampir setiap sudut kota Jogja.

Namun kawasan Wijilan dan Barek lah yang paling kondang sebagai sentra gudeg Jogja. Gudeg Wijilan dan Barek ini lah yang merupakan tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi oleh Anda saat liburan di Yogyakarta.

Wijilan berada tidak jauh dari kompleks Keraton Yogyakarta dan dapat dicapai dengan 10 menit berjalan kaki atau dengan naik becak. Diawali oleh Bu Slamet yang mulai berjualan sejak tahun 1946, kini sekitar 17 warung berderet memenuhi sisi Jl. Wijilan. Anda bisa memilih gudeg sesuai dengan selera.

Gudeg Yu Djum (Jl. Wijilan 31) misalnya, menyajikan gudeg kering dengan rasa manis khas masakan Jogja. Kreceknya diiris kecil kemudian dimasak menjadi sambal goreng kering berwarna kekuningan. Jika menginginkan gudeg yang tidak terlalu manis, Anda bisa bertandang ke Gudeg Bu Slamet (+62 274 380429; Jl. Wijilan 17). Rata-rata warung gudeg di Wijilan buka dari jam 5.30 pagi hingga jam 8 malam, kecuali Gudeg Bu Tarto (Jl. Wijilan 15) yang buka 24 jam.

Bila Anda kebetulan sedang berada di belahan utara Yogyakarta, cobalah datang ke Barek. Setiap subuh, penjual gudeg berderet di pinggir jalan di sebelah utara kawasan Kampus UGM. Ketika pagi mulai menjelang dan pedagang-pedagang ini mengemasi dagangannya.

Beberapa alamat gudeg Jogja yang enak antara lain warung Gudeg Bu Ahmad (+62 274 520049; Jl. Kaliurang km 4,5) yang kondang hingga kalangan artis dan pejabat, Yu Djum (+62 274 515968; Jl. Kaliurang Km 4,5 Karang asem CT III/22), Yu Narni (+62 274 589687; Jl. Kaliurang km 4,5 Karangasem CT III/19), atau Bu Tini yang buka hingga malam. Warung-warung ini juga memberikan kesempatan bagi Anda yang ingin melihat secara langsung proses memasak gudeg.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

Open chat
Powered by